Derasnya arus globalisasi dan cepatnya perubahan selera pelanggan mengharuskan perusahaan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih kreatif dan inovatif. Hal ini dilakukan untuk menjaga kepuasan dan kesetiaan pelanggan yang memiliki posisi tawar yang semakin kuat akibat tersedianya pilihan yang semakin beragam. Namun tidak boleh dilupakan bahwa setiap aktivitas pemasaran tidak boleh men…
Semua orang sepakat bahwa sumber daya manusia (SDM) yang berpengetahuan, berketerampilan tinggi, serta berperilaku positif adalah aset terpenting organisasi. Yang menjadi persoalan adalah bagaimana mengelola SDM tersebut secara optimal, mengingat kegagalan dalam melaksanakan hal tersebut berakibat perginya talenta-talenta terbaik. Pada gilirannya, hal ini tentu akan melemahkan kinerja organisas…
Membangun organisasi berkinerja unggul dan berkelas dunia mensyaratkan kondisi finansial, sumber daya manusia, teknologi, jejaring bisnis, penguasaan informasi strategis, dan budaya yang andal. Juga harus didukung oleh kepemimpinan, tata kelola, manajemen risiko, dan manajemen krisis yang baik. Kinerja unggul tidak mungkin dipertahankan tanpa kesiapan menghadapi perubahan yang cepat, mulai dari…